Halaman

Minggu, 19 Mei 2019

10 Trik agar tidak merasa haus dibulan puasa

10 Trik Agar Tidak Haus Saat Bulan Puasa



Asalamualikum Wr. Wb.
       Alhamdulilah kita sudah menjalankan ibadah puasa hampir setengah perjalanan. Agar ibadah puasa Anda tidak terganggu dan tetap lancar sampai lebaran Idul Fitri tiba, Anda bisa mencoba trik untuk mengatasi rasa haus saat berpuasa. Apa saja trik atau tipsnya? Berikut tips-tipsnya 

1. Perbanyak minum air putih yang hangat saat sahur


Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat Anda terhidrasi dengan baik saat Anda menjalankan puasa. Anda bisa menempatkan air minum dalam wadah botol ketika Anda akan tidur, yang bisa Anda minum ketika terbangun di tengah malam.
Usahakan minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu Anda tidak kehausan. Air putih yang baik diminum saat sahur adalah air hangat karena air hangat akanenggelontorkan sisa-sisa minyak dalam kerongkongan yang bisa membuat kering dan haus saat siangnya berpuasa.

2. Banyak mengkonsumsi buah buahan

Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa Anda dapatkan di buah-buahan.
Semangka, stroberi, anggur dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Anda bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah.

3. Bikin semprotan air (face mist)


Isi botol semprot dengan air dan dinginkan di kulkas untuk semprotan wajah yang menyegarkan setelah berlama-lama berada di luar ruangan. Untuk sensasi yang lebih menyegarkan lagi, seduh secangkir teh peppermint lalu masukkan ke dalam lemari es. Setelahnya, tuang ke dalam botol semprot dan semprotkan beberapa kali ke wajah. Sensasi menthol dalam teh akan membuat kulit Anda terasa lebih sejuk menggelitik saat Anda sedang kepanasan.

4. Kompres air dingin


Tempelkan es batu yang dibalut kain tipis ke daerah yang memiliki denyut nadi kencang, seperti leher, siku dalam, pelipis, dan pergelangan tangan untuk mengatasi cuaca panas yang berlebihan. Atau, tempelkan kompres gel (yang biasanya digunakan untuk menurunkan demam) atau botol air minum yang sebelumnya telah dibekukan dalam lemari es.

5. Mandi air dingin


Sering-sering mandi dengan air dingin. Berendamlah di bak air dingin atau guyur tubuh di bawah shower air dingin untuk menumpas rasa gerah. Atau jika sikon tidak mendukung, cuci muka dengan guyuran air dingin.

6. Berbaring di lantai


Jika Anda butuh untuk mengademkan diri secepat mungkin, sebaiknya cepat-cepat berbaring dilantai. Lantai mungkin bukan tempat istirahat yang paling nyaman, tapi setidaknya Anda akan jauh dari arus udara yang lebih hangat.

8. Pakai baju yang berbahan adem


Selama berpuasa, lebih bijaklah dalam memilih baju yang Anda pakai. Warna kemeja, jenis kainnya, dan berapa lapis pakaian yang Anda kenakan — semua ini memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh Anda tetap serendah mungkin.
Jika Anda bekerja di dalam rumah, pilihlah baju berbahan katun yang berwarna terang; Jika sebagian besar hari Anda dihabiskan di luar, warna yang lebih gelap akan membantu melindungi Anda dari efek sinar matahari. Tapi usahakan jangan kenakan pakaian berwarna hitam. Warna hitam cenderung menarik panas dan menguncinya ke tubuh An

9. Tidak  melakukan aktifitas secara berlebihan


Aktifitas tubuh sangat berpengaruh terhadap rasa haus yang Anda rasakan. Semakin banyak aktifitas yang Anda kerjakan semakin banyak tubuh Anda membutuhkan cairan. Bila aktifitas dan cairan tidak seimbang, maka Anda dapat mengalami dehidrasi. Untuk itu selama bulan puasa ini usahakan jangan melakukan aktifitas berat pada waktu siang hari.





10. Hirup uap air dingin


Mengompres tubuh dengan kompres dingin adalah cara klasik untuk mengademkan tubuh, tapi untuk tambahan udara dingin, pegang cangkir berisi air es tepat di atas mulut Anda dan hirup udaranya. Cara ini akan memaksa keluar udara dingin yang ada di cangkir untuk naik ke atas dan menciptakan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan tubuh untuk bantu Anda menahan haus saat puasa. Ingat, jangan tergoda untuk meminumnya, ya!

Demikianlah trik agar puasa Anda tidak cepat haus. Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H. Semoga berjalan dengan lancar. Aminnnn










Tidak ada komentar:

Posting Komentar