Halaman

Sabtu, 18 Mei 2019

PENGALAMAN MENJADI GURU KELAS 5

SUKA DUKA MENJADI GURU KELAS 5
Semua siswa kelas 5 SDN GRATI 01... Ada 1 yg pemalu 
      Asalamualikum Wr. Wb alhamdulilah akhirnya saya dapat menyelesaikan juga tugas  ke-2 PIT6. Semoga pengalaman saya ini dapat memberi manfaat atau paling tidak dapat memberi saya masukan kepada saya tentang mengajar peserta didik seperti yang pernah saya alami 😊
      Hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengajar dikelas 5 tahun ajaran 2018-2019 tepatnya di SDN Negeri Grati 01 Kecamatan Sumbersuko. Sebelumnya saya adalah guru pindahan dari SD Negeri Kudus 02 Kecamatan Klakah, saya mengajar di SD Negeri 02 sejak tahun 2010, pada tahun 2017 tepatnya bulan maret saya dimutasi ke SD Negeri 01 yang berada di Kecamatan Sumbersuko.
      Selama 2 tahun terakhir saya mengajar kelas 5 di SD Negeri Grati 01.  Menurut saya sangat berbeda siswa saya tahun ini dengan tahun sebelumnya atau bisa dibilang bagai langit dan bumi 😊. Kelas 5 tahun kemarin sangat menguras energi dan fikiran saya, mereka sangat aktif bahkan terlalu aktif. Kenakalan mereka sudah bermacam - macam sampai membuat pusing dibuatnnya, berbagai cara sudah saya lakukan agar mereka dapat berubah. Saya kira hanya saya saja yang berfikiran seperti ini ternyata guru kelas 4 sebelumnya dan kelas 6 tahun ini juga merasakan hal yang sama. Mereka cenderung terlihat dewasa dari umurnya, melakukan hal-hal yang ditak seharusnya dilakukan anak seusiannya dan sulit diatur dan dinasehati, bahkan pengalaman guru-guru senior di SD ini belum pernah ada yang seperti ini. Sedangkan siswa kelas 5 tahun ini sangat membuat saya adem ayem mereka sangat cepat memahami materi yang saya ajarkan dan sangat penurut, apa mungkin karena jumlah siswa laki - lakinya hanya 4 orang ya. Dalam pembelajaran saya lebih banyak melakukan pembelajaran dengan praktek atau menggunakan media karena meraka bisa tertib saat pelajaran atau diakuai kelompok.
  Alhamdulilah dalam lomba kecamatan ada beberapa siswa yang memenangkan lomba , dan beberapa yg lain sampai ke kabupaten walaupun belum sampai ketahap selanjutnya atau ketingkat provinsi tapi saya sudah merasa bangga, doa bu guru semoga kalian semua bisa mencapai cita-cita setinggi langit seperti apa yang kalian harapkan. 
     Untuk anak-anakku sekarang yang berada dikelas 6 semoga kalian lulus semua, walaupun kalian sangat nakal tapi saya sebagai guru tetap mendoakan yang terbaik.
      Bagi bapak ibu guru yang membaca blog saya bisa memberikan masukan jika mengalami hal seperti saya. Sebelumnnya saya ucapkan terima kasih 😊😊

Ibu guru ikut selfi πŸ˜‚
Kegiatan kerja kelompok 
Saat lomba diKabupaten Lumajang

2 komentar:

  1. Mantap curhat nya bu guru.. Benar benar dari hati.. ☺

    BalasHapus
  2. Hayooo banyak yang typo... 😁
    Pengalaman bersamaku mana?

    BalasHapus