Minggu, 19 Mei 2019

KARYA SENI MEMBUAT POT BUNGA SISWA KELAS 5 SDN GRATI 01

KARYA SENI SISWA KELAS 5 SDN GRATI 01 DALAM MEMBUAT POT BUNGA DARI HANDUK BEKAS


Hasil Karya Pot Bunga sesudah di cat
Pot Bunga sebelum dicat
Asalamualaikum Wr. Wb
Hari ini saya akan bercerita tentang salah satu kegiatan sekolah yang pernah saya lakukan. Semoga bermanfaat.
Setelah UTS,  tepatnya pada hari sabtu untuk mengisi kegiatan siswa setelah melaksanakan UTS,  Siswa kelas 5 membuat karya seni berupa pot bunga dari handuk bekas, sebelumnya pada hari jumat siswa kelas 5 sudah mencatat apa saja yang harus dibawa pada keesokan harinya. Mereka menyambutnya dengan antusias siwa kelas 5 mencatat alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat karya seni berupa pot bunga dari handuk bekas.
Alat dan bahan :
1. Handuk bekas ukuran 30 X 30 cm yang sudah dipotong dari rumah
2. Semen 1 kg ( Bisa lebih atau kurang sesuai besar dan ketebalan handuk).
3. Pengaduk / bisa menggunakan sendok makan yang sudah tidak terpakai
4. Cat dasar coklat tua atau hitam
5. Kuas ukuran sedang
6. Pilot warna emas/ gold
7. Lem rajawali 2 sendok makan
8. Air secukupnya
9. Botol Plastik Aqua ukuran besar
10. Timba ukuran sedang sebagai tempat mengaduk semen.

Kegiatan membuat pot bunga dengan handuk bekas
Tepat pukul 07.30 siswa kelas 5 keluar kelas mereka menuju halaman sekolah, mereka membawa alat dan bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya, dengan riang gembira siswa kelas 5 berkumpul dihalaman sekolah. Walau jumlah siswa hanya 20 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. tapi tidak mengurangi kemeriahan saat membuat pot bunga.
Para siswa berkumpul di halaman dan berjejer sambil menguluarkan alat dan bahan.
Pertama - tama timba/ bak diisi semen sekitar setengah kilo dan lem rajawali kemudian dicampur dengan air sedikit demi sedikit dan diaduk dengan menggunakan sendok, jika adonan terlalu kental makan ditambah air jika adonan terlalu encer maka ditambah semen, kemudian celupkan handuk aduk-aduk sampai handuk tetutup semen seluruhnya. kemudian angkat.
Selanjutnya ambil botol Aqua bekas potong bagian atasnya kemudian balik posisinya, letakkan handuk tadi diatas botol kemudian jemur sampai kering.
Setelah sangat kering balik posisi botol aqua tersebut kemudian lepaskan handuk yang belapis semen yang sudah kaku tersebut, lalu cat dengan cat dasar bisa coklat tua atau hitam, kemudian jemur dibawah sinar matahari.
Setelah benar-benar kering semprot pot setengah jadi tersebut dengan pilok yg telah dikoxok terlebig dahulu jangan terlalu merata agar terlihat gradasi warna coklat/hitam dengan warna emas pada pilok.
      Setelah selesai siswa memajang hasil karyanya dimejanya masing-masing terlihat raut wajah gembira diwajahnya, setelah berhasil membuat pot bunga tersebut.
      Tak lupa dalam kegiatan ini guru melakaukan memberikan penilaian dalam 3 hal. Yang pertama melakukan pengamatan sikap yaitu bagaimana sikap siswa dalam melaksanakan kegiatan ini, kedua melakukan penilaian ketrampilan yaitu penilaian atas kemampuan siswa dalam hal membuat karya seni tersebut bisa berupa kesiapan alat dan bahan serta proses membuat karya seni tersebut, yang terakhir atau yang ketiga yaitu penilaian pengetahuan disini guru menilai hasil karya seni siswa yaitu pot bunga dari handuk bekas.
      Nah demikian lah cerita saya sebagai guru kelas 5 dalam kegiatan membuat karya seni membuat pot bunga dari handuk bekas, semoga bermanfaat.
Wassalammualaikum Wr. Wb




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESAN DAN PESAN MENGIKUTI KEGIATAN ON PIT-6 TP2G SAAT BULAN RAMADHAN

TUGAS ON 5 Abagaikan Tas yang terpampang nyata heeee       Alhamdulilah akhirnya saya sudah ada dipenghujung tugas yg terakhir horeee...