Selasa, 21 Mei 2019

PEMANFAATAN IT PADA PROFESI GURU

Tugas ON 4


Sumber : Google.com
Asalamualaikum Wr. Wb.
      Alhamdulilah saya sudah sampai ditugas on hari ke 4, walaupun dengan tugas yang masih banyak salah disana sini, saya berharap masih bermanfaat buat orang lain 😊😊😊😊
      Di era yang semakin canggih ini kita dituntut untuk dapat memahami bahkan menguasai teknologi yang lagi hits agar kita tidak disebut gaptek. Terlebih profesi kita sebagai guru sangat dituntut untuk memahami IT, contohnya seperti aplikasi SIPERLU dan SIMAK, dengan adanya 2 aplikasi tersebut para guru sudah dituntut memiliki Android jadi mau tidak mau mereka harus dapat menggunakannya, walaupun itu pada guru yang sudah lanjut usia tidak ada pengecualian.
      Pada kenyataannya IT tidak terlepas dengan kehidupan sehari-hari, hampir setiap orang dalam kegiatan atau aktivitasnya selalu menggunakan perangkat IT, dari orang dewasa sampai anak-anak.
begitu juga dalam proses pembelajaran pada saat ini banyak guru yang sudah menggunakan IT dalam proses pembelajarannya, walaupun kadang masih banyak guru di daerah terpencil yang tidak memanfaatkan teknologi, ini mungkin terjadi karena kurangnya sarana prasarana IT yang tersedia disekolah atau bisa jadi masih banyak guru-guru yang masih kurang memahami dalam penggunaan dan manfaat dari IT dalam pembelajaran. Salah satunya pengunaan IT untuk media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran materi yang akan disampaikan itu dapat tersampaikan dengan baik, karena siswa merasa tidak bosan dan lebih tertarik lagi terhadap materi yang disampaikan oleh guru, berikut adalah manfaat dari media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.


Manfaat media  pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian  materi dan informasi sehingga dapat memperlancar proses pembelajaran.
2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan  mengarahkan perhatian anak sehingga anak lebih fokus sehingga siswa termotivasi untuk memperhatikan pelajaran,  interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkunganya, dan  kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan  dan minatnya
3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu terhadap suatu peristiwa yang terjadi.
4. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan atau contoh pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan  mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung


      Pada kenyatannya penerapan IT dalam pembelajaran membutuhkan beberapa persiapan, seperti sarana prasarana IT dan tentunya ilmu itu sendiri untuk memanfaatkan IT yang ada, contohnya kalau kita punya Handphone canggih tapi kita tidak tahu cara menggunakannya, itu berarti Handphone tersebut tidak dapat digunakan dan tidak bermanfaat. Dengan adanya PIT 6 TP2G semoga dapat memberikan ilmu tersebut sehingga saya bisa memanfaatkan IT untuk dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa saya, walauun masih terkendala sarana seperti android dan laptop yang dimiliki siswa saya bahkan kurang dari 50%, tapi paling tidak saya sebagai guru belajar terlebih dulu agar dapat saya manfaatkan ilmu IT ini dikemudian hari. Salah satu ilmu awal yang dapat kita ajarkan untuk siswa adalah membuat akun gmail yang nantinya dengan email ini dapat dikembangkan untuk membuat blog yang bisa sangat bermanfaat bagi pembelajaran dan dapat menyimpan hasil karya siswa kita.

Jika belum paham cara membuat akun gmail com maka saya disini menyertakan videonya.




 Setelah memahami cara membuat akun gmail com, maka disini saya menyertakan video cara membuat blog gratis untuk pemula



Demikianlah tugas on ke- 4 saya semoga bermanfaat, terima kasih
Wasalamualaikum Wr. Wb.


6 komentar:

  1. Mantep bahasa ne rek.. Guaya wes. Esssiipp bu..👍👍👍

    BalasHapus
  2. waauww..
    tutorialnya kereeen
    lanjutkan
    www.kangmatho.com

    BalasHapus
  3. Titanium trim hair cutter for the lighter and more traditional trim
    Learn about the t fal titanium pan different trim styles titanium bmx frame and how they work in your hair, titanium bars Classic trim titanium coating is the 2019 ford edge titanium for sale most traditional, and with a thicker or smaller head.

    BalasHapus

KESAN DAN PESAN MENGIKUTI KEGIATAN ON PIT-6 TP2G SAAT BULAN RAMADHAN

TUGAS ON 5 Abagaikan Tas yang terpampang nyata heeee       Alhamdulilah akhirnya saya sudah ada dipenghujung tugas yg terakhir horeee...